Misi Postecoglou Jadikan Spurs Klub Besar, Ingin Tiru Liverpool-Arsenal

Misi Postecoglou Jadikan Spurs Klub Besar, Ingin Tiru Liverpool-Arsenal

Jakarta – Ange Postecoglou bertekad membangun Tottenham Hotspur menjadi klub besar yang sesungguhnya. Ia mengacu pada Liverpool dan Arsenal yang meraih hasil manis lewat rencana jangka panjang.

Kedatangan Postecoglou di musim ini bak angin segar untuk Tottenham. Tak terlihat lagi sepak bola bertahan yang lekat dengan Son Heung-Min dkk selama 3,5 tahun terakhir. Mereka juga tampak baik-baik saja meski ditinggal Harry Kane.

Namun ‘liburan’ telah usai begitu badai cedera hadir. Spurs yang awalnya tak terkalahkan di 10 laga perdana Liga Inggris kini telah menelan tiga kekalahan beruntun. Mereka pun melorot dari puncak klasemen ke peringkat lima dengan 26 poin.

Meski begitu, Postecoglou tetap yakin dirinya sudah membawa Tottenham ke jalur yang tepat. Baginya, mencapai sukses tidak bisa dilakukan secara instan. Perlu kesabaran dan kerja keras, terutama di masa sulit.

Ia mencontohkan Liverpool yang tetap percaya pada Juergen Klopp meski tanpa gelar di tiga musim awal. Atau Mikel Arteta yang sudah empat tahun membangun Arsenal. Meski sudah tiga tahun tanpa gelar, mereka kini telah kembali ke papan atas Liga Inggris.

“Saya melihat beberapa tim papan atas dan satu persamaan di antara mereka, yakni berinvestasi pada sebuah rencana dan menaatinya,” ujar Postecoglou jelang laga timnya menghadapi Manchester City, seperti dikutip Sky Sports, Jumat (1/12/2023).

“Mereka tak mengubah rencana ketika mengalami masa sulit, baik itu Liverpool, Arsenal. Mereka tetap berpegang pada rencana. Kamu harus begitu. Apa pun yang Anda yakini akan diuji di masa-masa sulit, bukan ketika segala sesuatunya berjalan baik.”

“Ini adalah saat-saat penting karena ini akan menunjukkan kami adalah tim yang seperti apa. Anda bisa beralasan karena kami mengalami banyak cedera dan bertandang ke Man City, tetapi pilihannya adalah menjadi klub yang mencoba mengalahkan klub besar atau Anda adalah klub besar itu sendiri.”

“Pilihannya di antara itu. Harapan saya adalah menjadikan klub ini klub besar, dan untuk itu Anda perlu meraih kesuksesan. Anda harus memenangkan banyak hal, dan untuk memenangi sesuatu, Anda perlu memiliki rencana dan menaatinya serta memercayainya.”

Tottenham akan bertamu ke markas Man City, Etihad Stadium pada Minggu (3/12) pukul 23.30 WIB. Saat ini mereka tertinggal tiga angka dari tim asuhan Pep Guardiola tersebut.